Kartu Prepaid BNI, Kalau Ganti Kok Nggak Bilang ya?

Jakarta, 26 November 2014.

Hari ini, Rabu, saya mencoba menukarkan kartu prepaid BNI berlogo Chelsea ke BNI. Alasan penukaran karena kartu tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi untuk bertransaksi di peron stasiun kereta api. Menurut petugas kereta api, BNI sudah menggunakan kartu Tapcash. Nah lho? OK, sekarang saatnya investigasi.


Lewat mbak Google, saya searching dengan kata kunci "prepaid bni chelsea" sebagai berikut

 

 Saya coba buka link yang pertama, munculnya halaman website di bawah ini:

http://www.bni.co.id/id-id/bankingservice/consumer/kartudebit/bnichelseaprepaidcard.aspx

Selain itu, saya coba juga membuka link yang kedua dari hasil searching tersebut dan muncul ini:

Nah lho.. saya jadi tambah bingung nih.. mengapa ada 2 jenis produk kartu prepaid Chelsea. Produk yang lama BNI - Chelsea Prepaid Card. Nah produk yang baru namanya kartu Tapcash BNI-Chelsea FC.

OK, investigasi kita lakukan kembali ke BNI sebagai issuer kartu tersebut. Terlebih dahulu saya menghubungi nomor telephone BNI Call 500046 dan diterima oleh Sdr. Wirda. Waktu saya tanya, apakah kartu prepaid BNI loga Chelsea yang lama bisa ditukar dengan kartu Tapcash yang baru. Petugas call center tersebut menjawab dengan pasti bahwa kartu lama bisa diganti secara langsung tanpa biaya apapun namun saldo yang ada di kartu lama akan hangus. Waduh.. bisa bahaya nih kalau saldo hangus. Bukankah kartu prepaid itu adalah pengganti uang, masak hanya gara-gara kartu ganti, uangnya bisa hangus?

Yo wis, akhirnya saya coba mencari informasi ke kantor cabang BNI di Wisma 46. Di cabang ini, saya diterima oleh customer services bernama Annisyah. Dia menjelaskan bahwa kartu prepaid yang lama sudah diganti dengan kartu TapCash yang baru. Kalau begitu, bisa ditukar nggak mbak?, tanyaku. Dia menjawab bahwa kartu lama sudah tidak bisa diganti dengan kartu yang baru karena sudah bukan masa promo lagi. Menurutnya, masa promo sudah selesai pada bulan Agustus 2014. Kartu TapCash yang baru justru ditawarkan dengan membeli sebesar Rp.20.000,- tapi tidak ada saldonya, alias nol. Jika kartu prepaid BNI lama masih ada saldonya, maka saldo bisa dipindahkan ke rekening namun prosesnya sekitar 14 hari kerja dengan alasan tidak ada mesin untuk melakukan pengecekan saldo kartu prepaid yang lama. Untuk proses ini, kartu akan ditarik.

Saya lantas bertanya pada mbak Annisyah, kalau kartu prepaid berganti, kenapa nggak pernah ada infonya ya? Bahkan di website BNI sendiri masih ada informasi kartu lama yang bisa diperoleh dengan gratis.
Huh..seperti apa sih pengelolaan website di BNI? Apa nggak pernah diupdate ya? Dan pertanyaan terakhir adalah sama dengan judul entry ini, kalau ganti kok nggak bilang ya?

Saran untuk BNI, sebaiknya dilakukan update terhadap website dan informasi produk agar bisa diakses oleh nasabahnya. BNI harus belajar dari rekan bank besar lainnya. Coba saja check link berikut ini .. (dicari dengan mbah Google juga kok).
http://www.bankmandiri.co.id/article/mandiri-etoll-card.asp
http://www.bca.co.id/id/individual/produk_dan_layanan/e-banking/flazz-bca/flazz_bca.jsp

========================================================================
Related topic:
http://awesometrics.blogspot.com/2012/09/bni-danamon-tolong-perhatikan-dong-fans.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar